Sabtu, 13 Juli 2013

Cara Membuat Album Foto Dalam Album Foto

 album-foto
Apakah Anda memiliki begitu banyak album foto dan ingin mengorganisirnya dengan baik? Klakat kini sudah menyediakan fasilitas untuk Anda yang ingin membuat album foto di dalam album foto, atau album foto bertingkat yang memiliki sub album.
Misalnya Anda memiliki album foto dengan nama “Foto Keluarga”. Kemudian ketika Anda klik album foto keluarga tersebut, maka beberapa album foto lain akan muncul, misalnya: Album Foto Ayah, Album Foto Ibu, Album Foto Kakak dan sebagainya. Jika Anda klik Album Foto ayah, barulah kemudian muncul foto – foto ayah dari ia muda sampai sekarang.
Jika Anda sudah pernah membuat album foto di Facebook atau Flickr, Anda pasti cepat beradaptasi dalam membuat album foto di Klakat. Cuma bedanya, Anda tidak bisa membuat album foto bertingkat seperti yang saya jelaskan tadi di Facebook atau Flickr.

How To

Ada dua cara jika Anda ingin membuat album foto bertingkat di Klakat yaitu:

  1. Menentukan album parent pada saat Anda membuat atau edit album
  2. Drag & Drop melalui list album

Menentukan album parent pada saat Anda membuat atau edit album

Jika Anda ingin membuat album foto di dalam album, syaratnya Anda sudah memiliki album foto terlebih dahulu. Berikut ini akan saya jelaskan langkah – langkahnya:
  1. Klik menu Gallery
    1-menu-gallery
  2. Kemudian klik tombol Tambah Album Foto untuk membuat album foto baru
  3. Masukan Nama Album, Deskripsi Album dan Gellery Foto Anda.
  4. Di bawah Nama Album pada bagian Album Parent, pilih album foto yang akan Anda jadikan sebagai album utama. Jika kita mengacu pada contoh diatas, saat ini Anda sedang membuat album foto dengan nama “Album Foto Ayah”. Kemudian album tersebut akan Anda letakan di dalam album “Foto Keluarga”. Nah yang harus Anda pilih pada bagian Album Parent ini adalah “Foto Keluarga” sebagai album utama, dimana album tersebut sudah Anda buat sebelumnya.2-multiple-album-foto

Drag & Drop melalui list album

Jika Anda ingin mengatur album – album yang sudah Anda miliki tanpa melakukan perubahan terhadap isinya, Anda bisa menggunakan fasilitas Drag & Drop untuk membuat album bertingkat. Caranya sangat mudah:
  1. Klik menu Gallery
  2. Tentukan yang mana yang akan Anda jadikan album parent.
  3. Drag & drop album yang akan Anda letakan di dalam album parent ke bawah album parent tersebut dan agak sedikit menjorok ke kanan seperti pada gambar.3-drag-drop-foto-album
  4. Lakukan langkah 2 & 3 untuk album – album yang lainnya.

Dalam membuat hirarki album tersebut, Anda bisa membuat beberapa level sub album dengan menggunakan dua metode yang saya jelaskan diatas. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fasilitas drag & drop untuk mengurutkan posisi foto sesuai dengan keinginan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar